Minggu, 30 Maret 2014

PIZZA TUNA MAYO

Masih tergila-gila dengan pizza, roti ini memang salah satu jenis makanan favorit aku apalagi kalau beli di pizza hut (promosi tanpa dibayar :D), sekali-kali aja beli di pizza hut, keseringan bisa menguras kantong...hahaaaa...

Kali ini aku bikin pizza dengan resep roti yang berbeda dari sebelumnya, sebelumnya resep roti dari mb riecke, bisa dilihat disini , kalau dari mb riecke rotinya sedikit keras makanya dinamakan pizza crust dan seharusnya rotinya ditipisin saja agar dimakan lebih kresss dan yummy....

O iya pizza ini sudah menjadi salah satu  favorit customerku karena setelah aku posting pizza ini akhirnya cust ku banyak yang nanya dan pingin mencoba, akhirnya dengan PD aku iyakan aja asal jangan partai besar ya, karena bikinnya masih manual dan peralatan perang buat bikin roti juga masih sangat sangat terbatas. Dan setelah cust ku mencoba bikinanku komentarnya banyak yang suka, katanya nggak kalah sama pizza hut...hihiiiii...

Resep ini kudapatkan dari teman sesama bakul kuliner, mb emma yg katanya juga hasil browsing, sama aja aku tetep mengucapkan terimakasih atas resep spesialnya, karena aku lebih cocok dengan resep roti yang diberikan mb emma ini, dan toppingnya aku tambahin ikan tuna dan juga tidak ketinggalan masih tetep setia dengan keju mozanya mas novi, buatan anak bangsa dari boyolali, Keju Indrakila. Resep ini aku konversikan sendiri agar cukup untuk loyang uk 24 cm.



PIZZA TUNA MAYO

BAHAN :
- 150 gr terigu protein tinggi (cakra)
- 15 gr gula pasir
- 22 gr margarin
- 1/2 sdt ragi instan
- 75 ml susu cair hangat (dingin juga nggak masalah)
-1/4 sdt garam

TOPPING:
- Saus spagheti siap beli
- Daging tuna kaleng
- Jagung manis pipil rebus ( aku pakai jagung kaleng)
- keju mozarella, iris tipis
- bawang bombay, iris bulat tipis
- mayonaise

CARA MEMBUAT :
- Roti : campur terigu, gula, ragi dalam baskom, masukkan sedikit demi sedikit susu cair uleni hingga setengah kalis, kemudian masukkan margarin dan garam, uleni lagi sampai kalis kurang lebih 20 menit, bulatkan diamkan kurang lebih 1 jam sampai mengembang 2x lipat, kemudian uleni sebentar agar udara keluar, siap digunakan.
- Penyelesaian : siapkan loyang diameter 24 cm, olesi dengan margarin, ambil adonan roti pipihkan di atas loyang sampai memenuhi loyang, tipis aja karena adonan akan mengembang, tunggu sebentar kurang lebih 10 menit, kemudian olesi dengan saus, tambahkan tuna, jagung , bawang bombay, kemudian tambahkan keju moza di atasnya dan terakhir mayonaise.
- Panggang krang lebih 20 menit, dengan oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu.

--- SELAMAT MENCOBA ---




Tidak ada komentar:

Posting Komentar