Jumat, 29 Maret 2013

CAKE PUTIH TELUR

Punya sisa putih telur banyak di kulkas? jangan khawatir teman2, putih telur bisa dimanfaatkan untuk membuat cake putih telur yang praktis dan enak tentunya, kalau bosan dengan cake bisa juga dibuat campuran masakan seperti oseng2 atau sambal goreng putih telur, tetapi untuk dibuat masakan putih telur tentunya harus dikukus dulu ya teman2, dengan cara dimasukkan ke dalam plastik atau ditempatkan dlam wadah tahan panas, kukus naaah...jadilah putih telur kukus, teksturnya jadinya seperti tahu sutra, tinggal kita potong-potong sesuai selera kemudian diolah sesuai keinginan kita.

Tetapi kali ini aku bikin cake putih telur aja, soalnya untuk suguhan tambahan buat keponakan yang lagi ultah, terserah teman2 mau bermain warna apa saja, kalau saran saya lebih baik cake diberi sedikit aroma dengan menambahkan pasta, jangan putih saja, karena cake putih telur ini cenderung masih berbau sedikit amis, tetapi kalau kita menambahkan pasta pandan, pasta vanili, pasta strawberry yang ada aroma harumnya, aroma sedikit amis itu bisa hilang, dan cake ini enak sekali buat disantap. Cake ini lembut loo...seperti sejenis sponge cake kalau aku bilang, coba teman2 bikin kalau ada sisa putih telur banyak, kalau disimpan di kulkas, sebelum diolah...keluarkan dahulu ya sampai mencapai suhu ruang dahulu baru diolah menjadi cake, yyuuuuk...bikinnnn....

                                                          CAKE ZEBRA PUTIH TELUR


         CAKE PUTIH TELUR RAINBOW


CAKE PUTIH TELUR

BAHAN :
- 400 cc putih telur (kurleb dari 8 butir telur ukuran sedang)
- 175 gr gula pasir
- 1 sdt SP
- 200 gr margarin, cairkan
- 175 gr terigu ( aku pakai protein rendah)
- 25 gr maizena
- Pasta coklat, strawberry, pandan, dll sesuai selera.

CARA :
1. Ayak terigu, maizena sisihkan.
2. Kocok putih telur dan SP sampai mengembang.
3. Masukkan gula sedikit demi sedikit, terus dikocok sampai kental berjejak.
4. Masukkan terigu sedikit demi sedikit, aduk rata perlahan.
5. Masukkan margarin cair, aduk rata.
6. Bagi adonan sesuai selera, beri pasta/pewarna sesuai selera.
7. Tuang adonan warna berselang-seling.
8. Panggang kurang lebih 20 menit, dengan suhu 180 derajat celcius, atau lakukan tes tusuk, jika lidi kering dan tidak lengket berarti cake sudah matang.

--- SELAMAT MENCOBA ---








Tidak ada komentar:

Posting Komentar