Jumat, 29 Maret 2013

CHIFFON PANDAN

Dari berbagai macam jenis cake aku paling suka cake sejenis chiffon ini karena rasanya lembut banget, apalagi kalau ditambahi aroma pandan atau karena aku penyuka keju, chiffon keju juga suka, kali ini aku bikin yang chiffon pandan dulu ya, untuk keju lain waktu semoga masih ada kesempatan, resep ini aku ambil dari NCC yang terkenal enaknya...

Sebenarnya bikin chiffon ini susah2 gampang, kalau tidak pas resep atau manggangnya bisa2 chiffon ini setelah dingin jadi mengkerut, dan ada juga yang berpinggang, jadi sayang yaa kalau gagal, tapi jangan putus asa asal teman mau mencoba dan mau belajar sehingga tahu kesalahannya semakin lama akan semakin mahir membuat cake ini, dan sebaiknya untuk ukuran telur lebih baik ditimbang saja ya supaya pas, karena kelebihan atau kurang bisa berefek juga kpd hasil akhir rotinya. Cake ini juga proses memanggangnya lebih lama dari cake biasa, minimal 1 jam kalau menurutku, di resep aslinya malah ada yg manggang sampai 90 menit, tergantung tebal tidaknya cake juga ya, kalau tebal.. minimal 1 jam cake baru dikeluarkan dari open, kalau cake belum mateng benar, nanti hasil akhirnya akan mengkerut atau berpinggang juga, karena kurang kokoh. Ini hasil akhir cake ku, walau kurang sempurna karena pinggirnya masih amburadul, dan atasnya kurang mumbul sedikit, tp lumayan lah buat tingkat pemula seperti aku ini




CHIFFON PANDAN

BAHAN PASTA :
- 50 gr gula castor (aku pakai gula pasir)
- 20 gr susu bubuk
- 20 gr maizena
- 140 gr terigu (protein rendah)
- 1 sdt BPDA ( 1,5 sdt BP biasa)
- 100 ml minyak sayur
- 100 ml santan
- 140 gr kuning telur (kurleb dari 8 butir telur ukuran sedang)
- 1 sdm pasta pandan

ADONAN PUTIH TELUR
- 300 ml putih telur
- 150 gr gula kastor (gula pasir)
- 1/2 sdt garam
- 1 sdt air jeruk nipis

CARA :
1. Pasta : Campur gula, susu, maizena, terigu dan BP, buat lubang di tengahnya dan tuang telur sambil diaduk searah dari arah dalam menggunakan whisker, tuang minyak sayur dan santan, aduk hingga menjadi pasta halus, masukkan pasta pandan, aduk rata, sisihkan.
2. Adonan putih telur: Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan air jeruk nipis, garam dan gula pasir sedikit demi sedikit, kocok hingga soft peak. (kental berjejak)
3. Campur adonan putih telur dalam adonan pasta sedikit demi sedikit, aduk perlahan hingga tercampur rata.
4. Tuang dalam loyang chiffon diameter bawah 20 cm tanpa dioles apapun.
5. Panggang selama kurang lebih 1 jam hingga matang, lakukan tes tusuk dan tes sentuh (juka ditekan permukaan kembali membal)
6. Keluarkan dari oven, langsung balik loyang disanggak kaki2 loyang atau disangga oleh botol kecap, biarkan hingga benar2 dingin, kemudian keluarkan dari loyang.

--- SELAMAT MENCOBA ---

Tidak ada komentar:

Posting Komentar