Minggu, 21 Juli 2013

SIMPLE PANCAKE

Pancake atau ada juga orang yang menyebut dengan Panekuk adalah kue dadar yang dibuat dari tepung terigu, telur ayam, sedikit gula dan susu cair. Bahan-bahan itu semua dicampur sehingga menjadi adonan kental dan digoreng di atas wajan datar dengan sedikit olesan minyak/margarin. Kue dadar ini sudah  banyak disajikan di restoran-restoran atau kafe-kafe kelas menengah ke atas sebagai kudapan atau teman minum teh/kopi dengan berbagai macam topping sesuai selera.

Bikin kue ini sebenarnya sangat mudah dan banyak sekali pilihan resep-resepnya yang sudah tersebar di dunyat maupun di dumay  #sedikitlebay.. :D , kali ini aku share resep pancake yang sangat sederhana dan kebetulan ini juga buat kudapan buka puasa kemarin, toppingnya aku siram dengan strawberry jam dan taburan keju parut, lumayan kenyang sebenarnya kalau harus ditambahi makan nasi lagi tapi karena dasar perut orang indo dan jawa asli jadi kalau nggak makan nasi untuk makan rasanya kok kurang kenyang....heheee..

Nah ini penampakan dari pancake nya...lumayan menggiurkan dan menggugah si imin ya, walaupun strawberry jamnya agak2 belepotan di piring..heheee...sebenarnya ada cokelat juga tapi karena males masak cokelatnya jadinya pakai strawberry jam saja yang sudah tersedia di meja makan...





SIMPLE PANCAKE

BAHAN :
- 120 gram tepung terigu
- 200 ml susu cair (aku pakai susu ultra kotak 200ml)
- 1 butir telur (kalau pakai 2 telur mungkin lebih enak lagi)
- 1 sdt BP
- 1 sdm gula 
- garam

Cara :
1. Ayak terigu, campur dengan susu cair, telur, gula, BP dan garam, aduk dengan whisk saja sampai rata dan halus
2. Siapkan pan dadar teflon yang telah diberi minyak/margarin lalu dibersihkan tissue.
3. Dadar adonan, setelah salah satu sisi matang balik pancake, tunggu sampai matang, angkat.
4. Sajikan dengan berbagai macam topping sesuai selera...topping es cream tambah enak..

-- SELAMAT MENCOBA --







Tidak ada komentar:

Posting Komentar