Sabtu, 13 Juli 2013

MARBLE CAKE JADUL

Sebenarnya sudah sangat tertarik bikin cake ini sudah lama sekali pada waktu lagi #BMS di grup #BKR facebook, baru punya kesempatan pada bulan puasa sekalian bikin buat Ta'jil dan Tadarus di masjid sekitar komplek perumahanku, ini percobaan ke-2 ku mencoba bikin cake dengan metode All In One yang sebelumnya pernah aku coba di White Cake, cake ini resepnya berasal dari Pak Sahak Pribadi, cakenya benar-benar enak dan lembut sekali, sayangnya permukaan cakenya kurang mulus hampir-hampir bengkah tapi belum sempat bengkah cuma retak saja karena setelah aku intip ada tanda-tanda keretakan buru-buru aku kecilkan apinya supaya tidak tambah merekah...heheee...tips nya agar cake tidak retak di bagian atasnya sebenarnya setelah cake masuk open dan sudah mengembang di menit-menit pertama langsung kecilkan apinya karena retaknya cake ini gara-gara suhu oven terlalu panas...nggak apa2 deh, nanti kan setelah matang langsung aku potong-potong dan masukin plastik jadi tidak terlalu kelihatan retaknya...

Disamping membuat cake untuk tadarusan, kemarin juga bikin puding ta'jil untuk anak, pake resep puding yang simple aja, bikin puding sutera buah tapi buahnya pakai buah melon segar dan aku guyur dengan sirup melon tapi di tengah-tengah sirup melonnya habis jadi ganti pakai stok sirup frambozen, untuk resep pudingnya bisa dilihat Disini ya...
Pudin Melon Segar



Adonan siap oven, tandanya sudah putih kental berjejak dan adonannya  tidak jatuh setelah mikser diangkat

siap masuk open

Kelihatan retaknya ya...heheee


MARBLE CAKE
( Source By Sahak Pribadi)

BAHAN:
- 6 butir telur
- 150 gr gula pasir
- 1 sdt emulsifier (aku pakai quick)
- 180 gr tepung terigu sebaguna (protein sedang)
- 18 gr maizena
- 18 gr susu bubuk (aku pakai 1 sachet 27 gr susu bubuk dancow)
- 120 gr margarin cair
- 60 gram ninyak sayur
- 1 sdm cokelat bubuk (aku pakai cokelat bubuk oreo biar kelihatan pekat cokelatnya)

Cara membuat :
1. Campur semua bahan diatas jadi satu kecuali margarin cair dan minyak, kocok sampai mengembang dan kental berjejak kurang lebih 10 menit
2. Masukkan margarin cair yang sudah dicampur dengan minyak, aduk rata
3. Tuang ke loyang tulban 22 cm yang telah dioles margarin dan ditaburi tepung dan telah dialas kertas roti
4. Panggang sampai matang, tes tusuk jika lidi kering dan tidak ada adonan basah menempel tandanya sdh matang
5. Begitu sudah matang langsung keluarkan dari loyang agar cake tidak menciut.

--- SELAMAT MENCOBA ---

Sayang kurang mulus permukaanya

Cakenya kelihatan moist dan lembut

Bentuk marmernya nggak aku puter2 pakai garpu cuma aku selang seling aja jadinya spt ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar