Rabu, 15 Mei 2013

KUE LAPIS GURIH TABUR ABON

Baru pertama kalinya dan memang masih baru gabung juga di salah satu grup FB Indonesian Foodblogger , aku memberanikan diri ikut memeriahkan idfb Challenge #10 : KUE BERLAPIS ATAU LAYER CAKE . Kue ini termasuk kue tradisional juga dan persisnya aku tidak tahu asalnya dari mana, yang jelas resep ini kudapatkan dari temanku asli Kota Pekalongan yang kebetulan tetangga dekat rumah orang tua yang tinggal di Pekalongan. Temanku sering membuatkan pesanan kue-kue lapis baik itu kue lapis manis dan kue lapis gurih ini yang terkenal sangat enak...Alhamdulillah bisa melihat prosesnya dan diberitahu resepnya pula.

Kue Lapis Gurih yang aku buat ini memang tidak berwarna tapi membuatnya tetap dengan cara selapis demi selapis, karena tidak berwarna itulah mungkin tidak begitu kelihatan di foto ya, apalagi kameraku seadanya bukan kamera canggih, maklum ya kalau tidak begitu kelihatan lapis demi lapisnya, walaupun begitu kue lapis gurih ini patut dilestarikan sebagai bagian dari kue tradisional Indonesia.



KUE LAPIS GURIH TABUR ABON

BAHAN:
- 150 gr tepung beras
- 100 gr tepung tapioka
- 3 gelas (750 ml) santan  kental dari 1 butir kelapa 
-  Garam
- 2 lembar daun pandan

Taburan : 
-  25 gr abon
-  Cabe merah, ambil biji, iris serong
-  Daun kucai (aku pakai daun seledri), iris
-  Bawang merah goreng

CARA MEMBUAT :
1. Rebus santan bersama daun pandan dan garam, sisihkan, biarkan sampai suam-suam kuku.
2. Masukkan tepung terigu, tepung tapioka, aduk sampai tercampur rata, saring adonan agar tidak bergerindil.
3. Siapkan loyang kotak ukuran 15 x 15 x 7 cm, olesi minyak kemudian lapisi dengan plastik, olesi dengan minyak lagi.
3. Panaskan kukusan, taruh loyang di dalamnya, beri 5 sendok sayur adonan, kukus 5 menit, setelah mengeras beri adonan 5 sendok sayur lagi di atasnya, kukus lima menit, begitu seterusnya sampai adonan habis, terakhir kukus selama 15 - 20 menit.
4. Angkat, panas2 taburi dengan daun seledri atau kucai dan irisan cabe, tunggu dingin.
5. Keluarkan dari loyang, potong2 dengan menggunakan pisau yang di lapisi plastik agar tidak lengket, taburi dengan abon dan bawang goreng.

== SELAMAT MENCOBA == 









Tidak ada komentar:

Posting Komentar