Rabu, 24 April 2013

BOLU KUKUS UBI UNGU

Sudah beberapa hari ada telo ungu hasil bawaan dari mertua aku anggurin begitu saja, mau tak rebus aja yang gampang tapi lihat di meja masih menumpuk banyak makanan nganggur, nanti aku rebus malah nggak ada yang makan. Biasalah kalau dari pulang dari mertua mesti  dibawain macem2...Alhamdulillah rejeki..tapi kadang juga bingung saking banyaknya makanan yang mau dimakan yang mana dulu yaa...? Walaupun sudah aku kurangi untuk satpam/tetangga...

Setelah makanan di meja sudah lumayan berkurang, tadi pagi habis shubuh aku langsung ngrebus si telo ungunya dulu, sementara itu masih ada waiting list lain yaitu satu glundung labu kuning, itu dipikirin lain waktu aja mau dibawa kemana ini si labu ...Habis ngrebus si tole eh telo...gimana ya kalau sekalian bikin bolkus dari telo...ok lah, aku ambil sedikit aja buat bikin bolkus, sisanya masih ada tu di meja, ntar kl sempet aku bikin timus aja...

Tapi hasilnya sepertinya belum maksimal seperti aku bikin Bolkus Cokelat Oreo karena mekroknya nggak maksimal, walaupun rasanya sudah empuk dan lembut...nggak apa2 lah buat sendiri kok, bukan orderan orang...


                                      BOLU KUKUS UBI UNGU          

BAHAN :

- 50 gr ubi ungu kukus haluskan dengan 50 ml air
- 1 butir telur
- 1/2 sdt emulsifier
- 100 gr gula pasir
- 100 gr tepung terigu
- 1 sdm susu bubuk
- vanili
- pewarna ungu 



CARA :

1. Kocok telur, gula, emulsifier dengan mikser dengan kecepatan tinggi sampai kental
2. Tambahkan terigu dan susu bubuk, kocok dengan kecepatan rendah sampai rata.
3. Masukkan ubi ungu dan pewarna ungu, aduk rata.
4. Tuang dalam cetakan bolkus.
5. Kukus dengan api besar selama 10-15 menit.

--- SELAMAT MENCOBA ---






Tidak ada komentar:

Posting Komentar