Selasa, 23 April 2013

AYAM GORENG, SAYUR ASEM BENING PLUS SAMBAL ALA BU BENGAT GRINGSING

Ini ceritanya mau niru masakan dari rumah makan ayam goreng Bu Bengat Gringsing yang sangat khas dengan ayam goreng, sayur asem bening plus sambelnya, sedep banget apalagi paling suka sayur asem beningnya, kalau ini mungkin ala aku ya, tp insyaallah rasanya lumayan mendekati terutama sayur beningnya, kalau sambalnya tergantung terasi dari masing2 kalau terasinya enak dijamin sambelnya juga ikutan enak dan mantap, sedangkan ayamnya aku ungkep biasa aja pakai bumbu kuning biasa, nggak masalah yang penting bagiku sayur asem dan sambelnya...

Mungkin teman-teman yang sering atau pernah lewat jalur pantura alas roban sudah tahu rumah makan ini, karena rumah makan ini dari jauh sudah kelihatan dari plangnya yang super besar di tengah pulau jalan, dan diantara rumah makan lainnya Rumah Makan Bu Bengat paling ramai karena mungkin rumah makan ini sudah terkenal sejak dahulu dan menurut sumber sejak tahun 1952 berdiri yang dirintis oleh Bu Bengat dan sekarang dikelola oleh cucunya. Dari dulu rumah makan sudah menjadi langganan bapak dan sekarang menular ke aku sebagai anaknya, kadang kalau akan mengunjungi orang tua aku dan suami tidak lupa untuk mampir makan siang disini. Dulu saya masih ingat bangunannya yang sederhana sekali sekarang sudah menjelma menjadi rumah makan yang besar 2 tingkat dan tempat parkir yang bertambah luas, alaupun sekarang masakannya tidak sesedap dahulu tapi masih tetap ramai dikunjungi dan penyajiannya juga cepat tidak menunggu terlalu lama. 

Ini hasil masakanku, o iya sayur asem beningnya yang bikin sedep adalah diberi beberapa tangkai seledri, jadi jangan ketinggalan ya, ini yg membedakan dari sayur asem lainnya., dan jangan lupa sambelnya bersanding dengan lalapan timun.... sedaaaaap ;)


SAYUR ASEM BENING 

BAHAN : 
- 5 lonjor kacang panjang, potong panjang 
- 1 buah labu siam, potong bagi 4, iris tipis
- 2 tangkai seledri, petik daunnya
- Daun melinjo/so
- 2 buah tomat hijau/belimbing wuluh
- 5 butir bawang merah, iris
- salam dan laos
- 1 sdt bubuk kaldu ayam / bubuk penyedap serbaguna
- Garam dan gula pasir secukupnya

CARA : 
1. Rebus air sampai mendidih, masukkan bawang merah, salam dan laos.
2. Kemudian masukkan kacang panjang, labu, setelah mendidih masukkan daun so, seledri, tomat, tambahkan bumbu penyedap, gula dan garam. 
3. Setelah mendidih, angkat.




SAMBEL GORENG TOMAT

BAHAN:
- 10 buah cabe merah keriting, kalau suka pedas bisa ditambahkan cabe rawit setan
- 4 butir bawang merah
- 1 buah tomat merah
- Garam, terasi dan gula jawa secukupnya

CARA :
1. Rebus cabe merah, tomat dan bawang merah sampai empuk, angkat.
2. Ulek hasil rebusan di atas bersama terasi, garam dan gula jawa sampai halus.
3. Goreng dengan minyak yang banyak, sambel tercelup semua dalam minyak, gorengnya agak lama sampai warnanya merah tua.





Untuk ayam gorengnya aku pakai bumbu ungkep kuning biasa, penggunaan santan bisa dihilangkan, kalau perlu tambahkan jahe dan 2 mata asem jawa untuk menghilangkan rasa amis juga, lihat di ayam goreng plus sambel kosek.



== SELAMAT MENCOBA ==






Tidak ada komentar:

Posting Komentar