Kamis, 25 April 2013

GARANG ASEM ALA PEKALONGAN

Jangan heran ya kalau garang asemnya modelnya begini, ini adalah garang asem khas pekalongan, tidak seperti garang asem kudus yang dibungkus daun pisang kemudian dikukus kalau pekalongan mempunyai model garang asem sendiri masih tetep seger karenanya namanya juga garang asem ada rasa asem2nya dan makan dengan kuah yang banyak .... yuummmy, seger sekali...

Kali ini aku bikin garang asem tapai agak beda sedikit, biasanya garang asem pekalongan berbahan dasar daging sapi atau bisa juga ditambahi dengan telur kalau aku ini karena daging agak-agak mahal dan tidak punya stok daging juga di kulkas, maka aku gunakaan kikil sapi aja yang ada di kulkas, kalau teman2 mau bikin seperti aslinya ya pakai daging, tapi kalau mau hemat juga ya tiru seperti aku ini...hehehe...nggak kalah segernya kok, asal makannya dlm keadaan hangat dan dengan kuah banyak, kalau suka pedes bisa ditambahin cabe rawit utuh dicemplungin begitu saja atau bisa diiris biar mantap pedesnya...

Inilah penampakan garang asem ala pekalongan, biasanya kalau di Warung Masduki Pekalongan yang terkenal di pekalongan, garang asem ini bersanding dengan megono tapi kalau menurut aku nggak cocok sih karena ini berkuah banyak campur dengan megono sepertinya nggak nyambung aja, tapi semua tergantung dengan selera masing-masing.





GARANG ASEM PEKALONGAN

BAHAN :
- 1/4 kg daging sapi (aku pakai kikil sapi)
- 1 buah kluwak, ambil isinya beri air panas kemudian haluskan dg sendok
- 5 buah bawang merah, iris
- 2 siung bawang putih, iris
- 3 buah cabe hijau, iris serong
- 3 buah cabe merah, iris serong
- 5-10 buah cabe rawit utuh
- 4 buah tomat hijau, potong jadi 4
- 1 batang sere
- Daun salam dan laos
- Garam dan gula secukupnya
- 1 sdt bubuk kaldu sapi 

CARA MEMBUAT:
1. Kalau menggunakan kikil sapi, rebus kikil sampai mendidih kemudian buang airnya, potong2 kikil, kemudian tambahkan air kurleb 1 liter.
2. Tumis bawang merah, bawang putih kemudian masukkan cabe hijau dan cabe merah, salam, salam laos, sere, tumis setengah matang, kemudian masukkan larutan kluwak, tumis lagi sampai matang.
3. Masukkan dalam kuah kikil tambahkan garam, gula dan bubuk kaldu sapi, biarkan sampai mendidih baru masukkan tomat dan cabe rawit utuh, didihkan kembali sampai matang.

--- SELAMAT MENCOBA ---





4 komentar:

  1. Mba ..Mba..apa ini mirip Asem2 rahayu ya terkenal itu ya resepnya..tadi aku barusan nyicip yang di Paragon..asem2..tapi ada rasa kluwaknya..suamiku dari dulu suka asem2 Rahayu..ku pikir kayak asem2 semarang..ternyata beda..pakai kluwak..cuma bumbunya di ulek sich tadi keliatannya..kira2 sama nggak ya..Mba Rita udah pernah nyicip asem2 Rahayu ?..kalau bener ini tak nyontek resepnya buat suamiku..^_^..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak diah...asem2 rahayu apa sama yg di demak itu ya? itu terkenal juga dan aku pernah makan disana, kl bener asem2 seperti di demak, itu nggak pakai kluwak mbak, sepertinya memang diulek tp juga ada irisan cabe sama tomat plus asem aja nggak ada kluwaknya...kl ini memang khasnya pkl mbak, garang asem namanya bukan asem2, enak juga kok mbak, coba aja, segerrrr....

      Hapus
  2. Pengen coba resep nya Mba Rita..penasaran..mirip enggak sama yang asem2 Rahayu..tapi mau ku ulek bumbu2nya..soalnya kalau Rahayu itu halus semua bumbu2nya..agak coklat kemerahan gitu lho Mba..soalnya menurut lidahku dan juga suami..pakai kluwak juga Mba tapi cuma dikit..yang rahayu..nanti ku kabari rasanya..hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak diah...drpd penasaran coba aja, ntar aku dicicipin ya mbak...masakan mb dd pasti lebih uenak :)

      Hapus