Rabu, 20 Februari 2013

ROTI KASUR MAWAR

Terus terang baru ke-2 kalinya aku bikin roti, seringnya bikin cake, donat dll...untuk bikinan roti yang pertama kali hasilnya tidak terlalu menggembirakan walaupun tetep mlenuk tapi rasanya kurang suka. naah, baru ini aku merasa puas dengan hasilnya..siiip deh, empuk nggak kalah sama yang di toko bakery terkenal...ciieeeeee, soalnya aku bisa membedakan, pas waktu itu ceritanya juga dapet roti juga dari tetangga, aku jadi bisa membandingkan rasanya, padahal itu juga dari toko roti terkenal di semarang loh...hihihi....semoga nanti bisa mendirikan toko bakery sekelas sama toko itu *berkhayal sangat tinggi...nggak pa2 kan la wong aku juga nggak tahu besok ada apa, la apalagi tahun2 depan...kali aja aku sdh jadi pengusaha roti terkenal....amiiiiiin (semoga kata2 ku ini didengar Allah)

Ini penampakan roti kasurku...





siiiip kan...siapa yang mauu?

aku share resepnya aja yaah...

ROTI KASUR MAWAR

Bahan :
- 500 gr terigu protein tinggi
- 3 kuning telur
- 100 gr gula pasir
- 30 gr susu bubuk
- 11 gr ragi instan (aku pakai merk saf-instan sachet0
- 5 gr garam (dikira-kira ajalah)
- 250 ml air
- 100 gr margarin (aku pakai blue band)
- 1/2 sdt bread improver

Bahan isi : cuman aku olesi strawberry jam

Olesan atas: kuning telur (dpt sisa sdikit td) campur dengan susu cair

Cara :
1. Dlm wadah campur terigu, gula, susu bubuk, saf instan, aduk rata, tuangi air dan kuning telur, uleni hg setengah kalis.
2. Tambahkan margarin dan garam uleni lagi sampai kalis dan elastis, tandanya kalau adonan dibentangkan tdk mudah sobek.
3. Bulatkan adonan, diamkan adonan hg mengembang kurang lebih 30', kempiskan. 
4. bulatkan adonan menjadi 3 bulatan, giling atau pipihkan saja dengan jempol, setelah pipih jadi 3 lingkaran, jejerkan 3 llingkaran tadi saling bersambung, olesi strawberry jam, gulung sampai ke tepi, setelah itu potong jadi 2 di tengah2nya agar bisa berdiri di loyang. jadilah 2 maawar...taruh di loyang kotak/bulat terserah anda.
5. Biarkan mengembang di dalam loyang, diamkan kurleb 30 menit lagi.
6. Setelah mengembang dan terasa ringan, masukkan open, panggang 15 menit.

NB: agar roti terasa lembab, pd waktu memanggang, letakkan cangkir berisi air dlm open bersama loyang roti tersebut..


SELAMAT MENCOBA










Tidak ada komentar:

Posting Komentar