Minggu, 02 Juni 2013

PINDANG DAGING TELUR KHAS KUDUS

Makan masakan ini mengingatkanku pada puluhan tahun yang lalu, karena bapak dulu seorang petualang makanan sejati, kami anak2nya sering diajak ke salah satu makanan favoritnya dan kebetulan aku juga suka dengan masakan ini, biasanya bapak mengajak makan pindang kudus ini di kota semarang tepatnya di jl MT Haryono (dulu jl mataram), di situlah ada warung makan pojok sederhana yang jual nasi pindang kudus yang sangat rame dan enak, sekarang masih ada cuma terakhir ke sana rasanya kok nggak seenak dulu ya...biasalah karena perubahan tongkat estafet kali ya...

Pindang kudus adalah salah satu masakan khas kudus selain garang asem dan soto, warna kuah dari masakan ini lebih mirip dengan rawon, cuma bedanya rawon tidak menggunakan santan sedang pindang kudus ini menggunakan santan. Pada pindang kudus ini kita akan mendapati aroma daun melinjo sedang rawon biasanya disajikan dengan taoge...rasa pindang kudus ini juga cenderung manis.

Siapa yang penasaran dan mau mencoba masakan ini, seger lo...karena biasanya makannya dengan kuah yang banyak...yummmy...

pindang daging dan telur

PINDANG  DAGING TELUR

BAHAN :
- 1/2 kg daging sapi/kerbau
- 4 butir telur rebus
- 100 gr daun so / melinjo
- 250 ml santan
- 2 batang sere
- 2 lembar daun salam
- 2 cm lengkuas / laos
- 3 buah kluwak ( ambil isinya rendam dan hancurkan dg air panas)
- 1 sdt bubuk penyedap serbaguna (optional)

Bumbu halus:
- 6 buah bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 1 sdm ketumbar
- 1 sdt terasi matang
- garam
- 2 sdm gula jawa sisir 

CARA MEMBUAT :
1. Rebus daging dengan 1.5 liter air, potong sesuai selera.
2. Tumis bumbu halus setengah matang, kemudian masukkan kluwek halus, salam, sere, laos, tumis sampai matang sambil ditambahin sedikit air ke dalam tumisannya (aku numisnya agak lama spy kluwaknya benar2 mateng), setelah hampir matang masukkan gula jawa.
3. Setelah matang masukkan bumbu ke dalam kuah daging , kemudian masukkan telur rebusnya, masak daging dan telur sampai mendidih dengan api sedang.
4. Setelah daging empuk masukkan santan, masak kembali sampai mendidih.
5. Terakhir masukkan daun so / melinjo, didihkan sebentar, angkat.

== SELAMAT MENCOBA ==



pindang daging dan telur

nasi pindang dengan kuahnya yang banyak...segerrr...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar