Selasa, 18 Juni 2013

TUMIS CERIPING

Kerang simping/ceriping/serimping


Siapa yang tidak kenal dengan kerang ini, pasti banyak yang sudah tahu terutama untuk temen-teman yang tinggal di pesisir pantai, yang membedakan cuma namanya saja sepertinya yang beda karena ada yang menamakan kerang serimping seperti daerah semarang, kalau di daerah pekalongan namanya ceriping tapi biasanya dijual tanpa kerangnya, ada juga yang menamakan kerang kipas karena bentuknya yang tipis dan lebar cantik seperti kipas, sehingga banyak juga yang memanfaatkan limbah kulit kerangnya untuk bahan-bahan kerajinan. Simping/ceriping/serimping ini dianggap kerang yang paling aman dikonsumsi mentah karena tidak seperti kerang-kerang lain yang menyerap racun, bakteri dan virus yang bisa terakumulasi di dalam tubuhnya dalam proses penyaringan air laut, kalau kerang serimping ini tidak dijumpai bagian penyaring dalam tubuhnya jadi lebih aman untuk tubuh, kerang ini juga lebih mahal harganya dibandingkan kerang2 lain.

Kerang Ceriping kupas

Naah...sudah tahu ceriping kan...sekarang aku mau olah-olah ceriping ini yang gampang aja, ditumis lombok ijo, dan untuk menghilangkan rasa amisnya aku rebus dulu sebentar ceripingnya, airnya aku buang. Disamping ditumis ceriping enak dipepes juga lho...lain kali aku posting yang pepes ya...

Tumis Ceriping

TUMIS CERIPING

BAHAN :
- 1/2 kg ceriping kupas
- 5 buah lombok ijo ukuran besar, iris serong
- 2 buah cabe merah teropong, iris serong
- 5 buah cabe rawit, iris serong
- 5 buah bawang merah, iris
- 3 siung bawang putih
- 1 batang sere, iris tipis
- 2 lembar daun salam
- lengkuas
- garam
- kecap manis
- bubuk kaldu ayam

CARA MEMBUAT :
1. Cuci bersih ceriping, rebus sebentar saja sampai mendidih, kemudian buang airnya untuk menghilangkan bau amisnya, tiriskan.
2. Tumis bawang merah dan bawang putih, masukkan cabe merah, cabe hijau sere daun salam dan laos, tumis sampai matang.
3. Masukkan ceriping, aduk tambahkan kecap, garam, bubuk kaldu ayam, kalau perlu bisa tambahkan air sedikit saja, masak sampai air menyusut, angkat.


--- SELAMAT MENCOBA ---




Tumis Ceriping



Tidak ada komentar:

Posting Komentar