Rabu, 12 Juni 2013

TAUTO AYAM ( SOTO KHAS KOTA PEKALONGAN)

Pulang dari pekalongan, kembali lagi ke semarang, buka-buka kulkas masih ada ayam kampung tergeletak dengan manisnya di freezer sudah membatu...kasihan banget ni ayam, tak tinggal lama ke pekalongan jadi kelupaan belum aku eksekusi, kelamaan menanti kehadiranku...hahaaa #jadi lebay gila...:P

Akhirnya aku putuskan dieksekusi aja menjadi tauto ayam, dulu sudah pernah aku singgung masalah per- tauto-an...kalau dulu karena kulineran pas di pekalongan, sekarang masak tauto sendiri dengan tauco khas pekalongan yang selalu tersedia di kulkas, karena kalau beli tauco lain apalagi yang beli di supermarket dengan kemasan botolan, dijamin rasa tauto-nya jauh berbeda dengan asli pekalongan, o iya tauto di pekalongan pada umumnya menggunakan daging sapi, tapi ada juga yang sebagian penjual menggunakan ayam, jadi kalau teman2 tertarik masak tauto bisa ganti ayamnya dengan daging sapi ya...

Bumbu Tauto plus tauco yang siap dimasukkan ke kaldu ayam 



Tauto ayam siap santap kurang nasi

TAUTO AYAM

BAHAN:
- 1/2 kg ayam kampung, rebus dengan 1.5 liter air (kalau aku untuk mengurangi gorengan, ayam tidak aku goreng, tp langsung aku campurkan ke kaldunya aja, ntar ma'emnya sambil krikit2 tulang ayam, hihiii...)
- Mie so'un
- Daun bawang, iris 
- Cabe rawit rebus, haluskan untuk sambel
- Kecap manis

BUMBU HALUS :
- 7 buah buah bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 2 butir kemiri
- 4 buah cabe merah
- 1/2 sdt merica butiran
- Garam
- Gula Pasir
- 3 sdm tauco, dihaluskan.

CARA MEMBUAT :
1. Rebus bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe merah sampai layu, air bekas rebusannya jangan dibuang ya, ditambahkan aja ke kaldu ayam.
2. Tiriskan bumbu di atas kemudian haluskan bersama garam dan merica.
3. Goreng bumbu setengah matang, kemudian masukkan tauco, aduk2 agak lama agar tauco benar2 matang, kalau perlu bisa ditambahkan air kaldu biar wajannya nggak berkerak karena gosong, tambahkan gula pasir.
4. Setelah matang, masukkan dalam kaldu ayam, biarkan mendidih dengan api kecil sambil menunggu ayamnya empuk.
5. Sajikan dengan mie su'un, daun bawang dan taburan bawang goreng.


--- SELAMAT MENCOBA ---




Tauto ayam plus nasi ( kalau yang ini kenyang) :D



Tidak ada komentar:

Posting Komentar